Portal Media Kesehatan Terbaik

Loading...
Loading...

Wow Luar Biasa!! Tau Bunga Kaca Piring?? Berikut Manfaatnya Bagi Kesehatan…

Sponsored Links
.
.
Loading...
Khasiat Bunga Kaca Piring - Tanaman Bunga Kaca Piring (Gardėnia Augusta, Mėrr) jėnis tanaman kėluarga Rubiacėaė dan banyak ditanam olėh masyarakat sėbagai tanaman hias atau pagar. Bunga kaca piring ini mėmiliki waroma yang harum, cabang, ranting dan daun yang lėbat.
Khasiat Bunga Kaca Piring
Khasiat Bunga Kaca Piring 

Khasiat Bunga Kaca Piring untuk Kesehatan
Tanaman Bunga Kaca Piring ini dapat tumbuh di sembarang tempat, baik itu di daerah yang bersuhu dingin ataupun di daerah yang bersuhu panas. Meskipun demikian, tanaman ini lebih cocok tumbuh di daerah pegunungan yang tingginya lebih dari 400 meter dpl. Batang pohon bunga kaca piring dalam mencapai 1-2 meter, bunga berukuran besar dan mirip dengan bunga mawar putih, daunnya berbentuk oval, tebal, licin dan tampak mengkilat, sedangkan metode pengembangannya biasanya bisa melalui stek, dengan biji, dan cangkok.

Manfaat Bunga Kaca Piring untuk Kesehatan sangatlah beragam, di China, bunga kaca piring ini dijadikan sebagai penambah rasa pada daun teh. Buahnya dapat dimakan dan digunakan sebagai pewarna kuning pada makanan (seperti kunyit).

Sifat dan Khasiat
Buah mengandung minyak asiri, gardenin, gardenosid, geniposid, genipin, gentiobioside, gardoside (8,10 dehydrologanin), scandoside menthyl ester, glikosid, sitosterol, mannitol, nonacosane, krosetin, krosin, klorogenin, tannin, dan dekstrose. Gardenin adalah kloroform berwarna kuning emas, larut dalam alcohol dan kloroform. Kulit buah mengandung ursolic acid. Daun mengandung saponin, flavonoid, polifenol, dan minyak asiri. Kandungan-kandungan itulah yang telah terbukti memiliki manfaat untuk kesehatan.

Bagian yang Digunakan
Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah buah masak (zhi zi) dan akarnya. Daun dan bunga juga digunakan sebagai obat. Buah dipetik setelah masak, lalu kukus atau rebus sebentar sebelum dikeringkan untuk disimpan. Buah bisa digunakan segar atau setelah dikeringkan. Daun dipetik sepanjang tahun. Setelah dicuci bersih, lalu jemur sampai kering.

Penggunaan Bunga Kaca Piring untuk Penyembuhan Penyakit
Buah bunga kaca piring rasanya pahit, sifatnya dingin dengan afinitas ke meridian jantung, hati, paru-paru, lambung, dan sanjiao. Buah bunga kaca piring ini memiliki manfaat untuk :
Pembersih panas dan api
Menyejukkan darah
Membuang racun
Meningkatkan fungsi hati
Menenangkan emosi
Melancarkan aliran empedu ke usus
Anti radang
Antibiotic, pereda demam
Peluruh dahak
Peluruh kencing
Mencegah pendarahan
Mencegah pembekuan darah
Melindungi hati dari kerusakan akibat racun
Penyakit dengan demam yang memberikan gejala demam tinggi, mudah tersinggung, delirium, gangguan kesadaran
Radang hati (hepatitis), sakit kuning (jaundice) di sertai demam, tidak nafsu makan, air kencing sedikit (oliguria), dan kencing sakit (disuria)
Radang selaput lender kandung kencing (cystitis)
Radang payudara (mastitis)
Perdarahan akibat darah panas seperti muntah darah (hematemesis), kencing darah (hematuria), berak darah, batuk darah (hemoptisis), mimisan (epistaksis)
Susah tidur (insomnia)
Sakit tenggorok, sariawan, sakit gigi
Disentri, gigitan ular
Mata bengkak dan nyeri (conjungtivitis akut)
Tekanan darah tinggi (hipertensi).
Akar dan Bunga berkhasiat untuk peluruh haid
Bunga kaca piring untuk : hemostatis, penenang (sedatif) dan peluruh kencing

Berikut ini adalah beberapa cara membuat ramuan dari bunga kaca piring untuk penyembuhan beberapa penyakit :
1. Obat Demam
Siapkan 7 lembar daun bunga kaca piring kemudian remas-remas dengan 1 gelas air bersih, selanjutnya ambil perasan airnya dan saring. Anda juga bisa menambahkan gula batu secukupnya dan aduk rata, minum sekali dalam sehari secara rutin, Insya Alloh dapat mempercepat proses penyembuhan demam.

2. Obat Diabetes Mellitus
Ambil 12 lembar daun bung kaca piring, rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa menjadi 1 gelas. Minum ramuan tersebut sekaligus dan lakukanlah secara rutin 1x dalam sehari. 

3. Obat Sariawan
Daun bunga kaca piring 7 lembar
Madu 2 sendok makan
Gula aren secukupnya
Cara mengolah : Remas-remaslah daun bunga kaca piring tambahkan dengan 1 cangkir air bersih, kemudian saring dan ambil airnya. Langkah berikutnya adalah campurkan madu dan gula aren secukupnya, aduk hingga rata, dan minumlah obat tradisional untuk sariawan ini 2x sehari secara rutin, dan rasakan manfaatnya.

4. Obat Sembelit
Mungkin kita belum mengetahui bahwa ternyata si cantik bunga kaca piring ini memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan dan sebagai obat tradisional penyakit sembelit yang efektif. Cara membuat ramuan penyembuh sembelit ini sangat mudah, kita cukup mengambil 3 biji buah bunga kaca piring, kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan hingga airnya berkurang menjadi 1 gelas, saring dan ambil airnya. Lakukanlah secara rutin hingga keluhan sembelit menjadi sembuh.

Semoga sajian lengkapa mengenai Khasiat Bunga Kaca Piring yang kami berikan ini bermanfaat dan menjadi wasilah penyembuhan penyakit yang sedang anda keluhkan. Terima kasih atas kunjungannya dan selamat mencoba..


Sumber : http://obattradisionalpenyakitamandel.blogspot.co.id/2014/10/khasiat-bunga-kaca-piring-untuk-kesehatan.html
Sponsored Links
Loading...
Tag : Kesehatan, Tips
loading...
Back To Top