Portal Media Kesehatan Terbaik

Loading...
Loading...

WARNA KOTORAN TELINGA ANDA DAPAT MENGUNGKAPKAN KONDISI KESEHATAN ANDA SAAT INI, YUK CEK SEKARANG JUGA !!

Sponsored Links
.
.
Loading...
Mungkin terdengar menjijikan, namun kondisi kotoran yang keluar dari tubuh mampu memberikan gambaran apa yang terjadi di dalam tubuh. Warna dan konsistensi air seni, air liur dan kotoran telinga dapat dianalisis penyakit yang yang sedang dialami.

Dilansir dari Fox News, Rabu (17/8/2016), terdapat mitos tentang warna kotoran telinga yang memberikan gambaran tentang kondisi kesehatan telinga. 

Cara ini tidak umum digunakan, namun nyatanya kotoran telinga dapat membantu Anda untuk mengetahui dan "mendengar" kondisi kesehatan tubuh, khususnya telinga itu sendiri.

Seperti dilansir laman Prevention, Anda bisa menilai kesehatan telinga dari kotoran telinga Anda, dengan ciri-ciri berikut:

Berair dan berwarna hijau keputih-putihan

Air tersebut bisa berasal dari keringat yang menetes dari kepala. Namun jika Anda tidak berkeringat dan kotoran tersebut berwarna hijau keputih-putihan atau kuning tua, hal ini bisa mengindikasikan Anda terkena infeksi telinga.

Lengket dan kering

Selain menandakan kesehatan, kotoran telinga juga dapat menggambarkan identitas Anda. Menurut jurnal Nature Genetics, kebanyakan orang Asia memiliki kotoran telinga yang kering. Sedangkan orang Afrika atau Eropa, memiliki kotoran telinga yang lengket dan basah.

Memiliki bau menyengat

Timbulnya bau menyengat, bisa jadi pertanda Anda mengalami infeksi atau kerusakan pada bagian tengah telinga. Jika terjadi kerusakan pada bagian tersebut, akan timbul pula masalah keseimbangan, suara mendengung pada telinga, dan telinga Anda terasa penuh.

Kotoran keluar dari telinga

Infeksi pada bagian gendang telinga, dapat menyebabkan pertumbuhan kulit yang tidak normal, yang disebut cholesteatoma (penumpukan kulit pada telinga). Jika biasanya kotoran telinga Anda hilang tanpa Anda sadari, cholesteatoma justru menyebabkan tekanan dan rasa sakit pada bagian telinga.

Tidak memiliki kotoran telinga

Jika Anda memiliki kotoran telinga yang sedikit atau bahkan seperti tidak ada, bisa jadi Anda mengidap keratitis obturans. Kondisi ini membuat kotoran dalam telinga menumpuk hingga menimbulkan sumbatan. Selain itu, telinga juga akan terasa penuh dan sakit.

Lembek

Seiring bertambahnya usia, kotoran telinga akan menjadi lembek. Anda tidak perlu khawatir, karena ini merupakan suatu hal yang alami

Sponsored Links
Loading...
Tag : Kesehatan, Tips
loading...
Back To Top