Portal Media Kesehatan Terbaik

Loading...
Loading...

Inilah 4 Bahaya Sayur Kol / Kubis Terhadap Kesehatan Yang Tidak Banyak Orang Ketahui !

Sponsored Links
.
.
Loading...
Kol adalah sejenis sayuran yang sering disebut dengan nama kubis ,Sayuran kol sendiri berasal dari wilayah Eropa yang sudah tersebar luas di berbagai belahan bumi kita,terutama di indonesia sudah tidak heran lagi dengan kol,karena kol dapat kita jumpai di berbagai pasar atau suwalayan,banyak warga indonesia memanfaatkan kol sebagai olahan campuran sayuran bahkan ada yang menjadikanya sebagai menu lalapan utama.


karena Kol di percaya banyak mengandung serat dan vitamin yang baik untuk tubuh kita tetapi taukah anda bahwa kol juga berbahaya untuk tubuh kita jika kita mengkonsumsi kol secara berlebih.


Kubis merupakan sayuran yang umum dikonsumsi seluruh orang di dunia. Berbagai cara untuk mengonsumsinya mulai dari dimakan mentah, direbus, dikukus, ditumis, hingga difermentasi. Kubis kaya akan vitamin K, vitamin C dan serat.

Saya rasa sayuran yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi kita warga negara Indonesia,terutama bagi mereka penikmat gorengan seperti bala-bala atau bakwan.

Kubis menjadi salah satu campuran bahan didalamnya, selain menjadi salah satu bahan campuran gorengan, kubis pun biasa di makan mentah sebagai lalapan atau menjadi campuran gado-gado. Pokoknya cukup banyak lah makanan yang menggunakan kubis sebagai bahan campurannya.

Terlalu sering mengonsumsi kobis ternyata juga tidak bagus bagi tubuh kita ? Berikut adalah 4 efek samping terlalu sering makan kubis

Dapat Membuat Kekurangan Yodium

Kol mengandung senyawa yang bernama Glucosinulate hal tersebut dapat memicu terjadinya kekurang yodium pada tubuh karena Glucosinulate mengandung zat berbahaya seperti sulfur dan nitrogen yang dapat menghalangi hormon tirodi.

Dapat Menyebabkan Darah Encer

kol banyak mengandung vitamin seperti vitamin K dalam kubis membantu pembekuan darah.Akan tetapi jika kamu terlalu banyak makan sayuran ini bisa mengakibatkan darah semakin encer.jadi konsumsilah kubis dengan Jumlah porsi yang dianjurkan adalah 2 cangkir setiap harinya.

Dapat Menyebabkan Perut Kembung

kubis mengandung riffinose yang tinggi.Riffinose adalah senjenis gula dengan kandungan karbohidrat komplek.zat tersebut akan susah di cerna oleh lambung.hal tersebut dapat menagkibatkan gejala seperti mearasa kembung bahkan sering bersendawa karenanya.

Terahir Dapat Menyebabkan Diare

Diare dapat terjadi oleh beberapa faktor seperti bakteri dan berbagai macam lainya mengkonsumsi kol atau kubis secara berlebih dapat memicu terjadinya diare karena kol mengandung serat yang sangat tinggi dan membuat saluran usus lebih estra dalam bekerja.Jika anda sedang menjalani terapi kangker saya sarankan agar anda tidak mengkonsumsi buah kol atau kubis.

Tips
  • Tidak disarankan memasaknya terlalu lama karena bisa merusak vitamin yang ada di dalamnya.
  • Cara terbaik mengonsumsinya adalah dengan di makan mentah (cuci bersih) atau di masak sebentar karena itu bisa menjaga vitamin yang ada di dalamnya dan kita pun dapat merasakan manfaatnya.
  • Konsumsi dua porsi seminggu sudah cukup. Namun dalam sebuah penelitian mereka yang konsumsi empat porsi seminggu yang di masak sebentar memiliki resiko 72% lebih rendah terkena kanker p4yud4r4.
Itu dia tadi sobat neo bahaya tersembunyi yang terdapat dari sayuran yang satu ini, ternyata cukup berbahaya bagi kesehatan jika kita terlalu sering memakannya. Terutama bagi Anda yang sering mengkonsumsi gorengan yang mengandung kol seprti yang sudah di utarakan diatas. 
Ada baiknya mulai sekarang Anda sedikit mengurangi memakannya lebih baik mencegah ketimbang nantinya Anda repot sendiri karena terserang efek negative yang dihasilkan dari sayur kol ini.
Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda sehingga lebih waspada dan peduli terhadap kesehatan tubuh Anda.

Sumber : infoherbalis
Sponsored Links
Loading...
Tag : Kesehatan, Tips
loading...
Back To Top