Portal Media Kesehatan Terbaik

Loading...
Loading...

Daun Pisang Kering Berserakan di Pekarangan, Jangan Dibuang… Berikut Manfaat Daun Pisang Kering...Dishare yaa..

Sponsored Links
.
.
Loading...
Manfaat Daun Pisang Kering Bagi Manusia - Daun pisang mėmang sudah banyak dikėnal sėbagai salah satu jėnis daun yang mėmiliki banyak manfaat dalam kėhidupan. Daun pisang mėnjadi jėnis daun utama yang banyak digunakan untuk mėmbungkus bėrbagai jėnis makanan dan jajanan. Bahkan sampai saat ini pun, banyak tėmpat makan bahkan rėstoran yang mėngguanakan alas daun pisang untuk mėnghidangkan makanan. Karėna dėngan daun pisang dipėrcaya dapat mėningkatkan kėlėzatan makanan yang dihidangkan. Namun sayang sėkali, hanya daun pisang yang masih hijau dan sėgar yang dimanfaatkan untuk kėhidupan. Daun pisang yang sudah kėring lėbih banyak dibuang dan dibakar agar diangap agar tidak mėnjadi sampah. Ada sumbėr yang mėnyėbutkan bahwa, sėlain daun pisang yang masih hijau, daun pisang yang sudah kėring tėrnyata dapat dimanfaatkan.
Manfaat Daun Pisang Kering Bagi Manusia
Manfaat Daun Pisang Kering Bagi Manusia 

Daun pisang yang sudah kering juga memiliki beberapa kandungan yang masih dapat digunakan dalam bidang pertanian dan juga peternakan. Karena memiliki beberapa kandungan tersebut, daun pisang kering dapat dimanfaatkan untuk beberapa hal berikut:

Sebagai media tanam
Daun pisang yang sudah kering biasanya hanya dikumpulkan dan kemudian dibakar agar tidak menimbulkan penumpukan sampah. Padahal sebenarnya daun pisang yang sudah kering juga memiliki beberapa kandungan yang dapat digunakan sebagai media tanam. Kandungan dalam manfaat daun pisang kering ini diantaranya adalah protein, hemiselulosa dan lignin. Ketika kandungan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai media untuk budidaya jamur merang. Karena dapat dimanfaatkan sebagai media tanam, maka dapat mengurangi limbah daun pisang kering yang biasanya hanya menjadi sampah dan dibakar.

Daun pisang kering sebagai bahan pakan
Selain protein, hemiselulosa dan lignin, daunpisang mengandung polifenol. Polifenol apabila dalam jumlah besar akan seperti daun teh, yang dapat menghasilkan aroma khas ketika menjadi bahan pelengkap pada makanan selain itu, bahan daun pisang ini dapat dijadikan juga sebagai bahan makanan ternak, akan tetapi harus dibuat dalam bentuk tepung. 

Proses pembuatan daun pisang menjadi tepung adalah sebagai berikut :
Siapkan daun pisang yang masih segar
Pisahkan daun pisang dari pelepah yang menempel
Jemur di bawah sinar matahari kira-kira dalam waktu 4 sampai 7 hari.
Giling daun pisang yang sudah kering tersebut hingga menjadi seperi tepung.

Tepung daun pisang ini memiliki kandungan seperti bahan kasar, protein kasar, lemak kasar, serat kasar dan nutrisi yang dapat dicerna. Keunggulan dari tepung daun pisang ini dapat digunakan untu bahan pakan ayam. Kandungan yang ada di dalam tepung daun pisang memiliki pengaruh yang baik untuk pertumbuhan ayam petelur. Selain itu, harga produksi dari tepung daun pisang ini relatif murah. Selain bahan pakan ayam, daun pisang kering juga dapat menjadi bahan pakan untuk sapi karena memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk sapi, memiliki kecernaan tinggi mencapai 73,5%.

Sebagai obat radang tenggorokan
Radang tenggorokan merupakan salah satu jenis penyakit yang memberikan efek tidak nyaman saat sedang berbicara dan menelan makanan. Nafsu makan dapat turun ketika sedang mengalami radang tenggorokan. Untuk itu, radang tenggorokan perlu diatasi agar tidak menimbulkan penyakit yang berkepanjangan. Salah satu ramuan alami yang dapat mengatasi radang tenggorokan adalah rebusan daun pisang yang sudah kering. 

Cara membuat racikan daun pisang kering untuk mengobati radang adalah sebagai berikut 
Ambil daun pisang basah seukupnya dan cuci bersih
Jemus dibawah sinar matahari hingga daun pisang dirasa sudah kering
Siapkan air panas, dan seduh daun pisang yang sudah kering tersebut
Selain diseduh, dapat juga daun pisang ini direbus hingga air rebusan mendidih
Tunggu hingga rebusan atau seduhan ini menjadi dingin.
Minum daun rebusan atau seduhan daun pisang ini sampai radang tenggorakan sudah sembuh.
Tanpa menggunakan obat kimia, bahan alami juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit. Penggunakan obat alami ini dirasa aman dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

Sebagai bahan untuk membuat kerajinan
Kreativitas menusia yang selau berkembang dan tuntutan perekonomian zaman, membuat masyarakat harus dapat mengolah bahan yang sudah tidak berguna menjadi layak jual. Salah satunya adalah daun pisang kering yang dapa dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat kerajinan. Beberapa diantaranya adalah hiasan bunga dari daun pisang kering,  membuat kipas, hiasan dinding, dan beberapa kerajinan tangan lainnya. dengan memanfaatan daun pisang kering untuk kerajinan, jga dapat meminimalisir limbah daun pisangkering.

Mengkilapkan batu akik
Selain untuk bahan pakan, obat tenggorokan dan dimanfaatkan untuk bahan kerajinan, ternyata daun pisang kering dapat digunakan untuk mengkilapkan batu akik. Batu akik merupakan jenis batu mulia yang sangat indah, namun, perlu juga diperhatikan perawatannya agar selalu mengkilap dan cantik. Salah satu cara untuk mengkilapkan batu akik adalah dengan menggunakan daun pisang kering. Cukup dengan sering menggosokkan daun pisang kering ke batu akik, batu akik akan mengkilap kembali.

Pengolahan bahan yang dirasa sudah tidak dapat dimanfaatkan lagi harus ditingkatkan untuk mengurangi limbah dan meningkatkan produksi bahan yan ada disekitar kita. Dengan harga yang relatif murah dan bahan yang mudah dicari dan dijangkau menjadi alternatif untuk membuat bahan yang memiliki daya guna dan daya jual.


Sumber : http://manfaat.co.id/manfaat-daun-pisang-kering
Sponsored Links
Loading...
Tag : Kesehatan, Tips
loading...
Back To Top