Portal Media Kesehatan Terbaik

Loading...
Loading...

Ini Dia Rekomendasi Sumber Kolesterol Baik Untuk Anda

Sponsored Links
.
.
Loading...

Rekomendasi Sumber Kolesterol Baik

Kolesterol - Bahaya penyakit kolesterol memang sudah banyak diketahui oleh khalayak umum. Beberapa jenis makanan dengan kadar kolesterol tinggi pun semakin banyak diberitakan dan diinformasikan. Namun tetap saja, dalam pola konsumsi kita terkadang tidak kuasa untuk memakan jenis makanan dengan jumlah kolesterol yang melebihi batas harian, dan memakan makanan berkolesterol tinggi pun terkadang tidak bisa kita hindari. Sebenarnya tidak masalah apabila jenis makanan yang dikonsumsi adalah jenis kolesterol yang baik bagi tubuh. Nah, ingin mengetahui rekomendasi sumber kolesterol baik yang bisa dikonsumsi? Simak dibawah ini.


Meskipun bahayanya dan efek negatifnya lebih sering kita dengar, tetap saja keberadaan kolesterol didalam tubuh sangat diperlukan sebagai zat pembentuk sel dan hormon. Yang serign tidak disadari orang adalah jenis kolesterol yang masuk ke dalam tubuh mereka melalui makanan yang dikonsumsi. Ada beberapa jenis makanan yang menawarkan sumber kolesterol baik yang bermanfaat bagi tubuh. apa saja diantaranya? Ini dia rekomendasi sumber kolesterol baik yang bisa dikonsumsi setiap hari.

1. Gandum

Oats atau gandum merupakan makanan yang memberika asupan kolesterol baik bagi tubuh. Semangkuk oatmeal atau sereal gandum dikala sarapan akan memberikan 1 hingga 2 gram serat larut bagi tubuh. untuk memberikan asupan gizi yang lengkap, anda bisa menambahkan strawberry atau pisang dalam setiap sereal gandum yang dimakan.

2. Daging

Anda sebenarnya masih bisa menghindari kolesterol tinggi yang terdapat pada makanan berbahan daging. Alih-alih mengolahnya dengan digoreng, sebaiknya olah dengan cara dipangang agar tidak ada minyak yang tercampur pada daging. Selain itu, daging putih memberikan lebih sedikit kandungan kolesterol dibandingkan daging merah.

3. Ikan

Lemak ikan seperti salmon, tuna, halibut dan mackerel memiliki tingkat asam lemak omega-3 yang kaya akan kolesterol HDL. Makanan jenis ini pun dianjurkan untuk dikonsumsi 2-3 porsi seminggu sebagai sumber kolesterol yang baik bagi tubuh. Jika Anda bukan pencinta ikan, maka bisa diganti dengan suplemen minyak ikan, namun hal ini akan menyebabkan banyak nutrisi yang tidak terserap selama proses pencernaan. Akan lebih baik untuk mengkonsumsi makan dari sumbernya dibandingkan dengan produk olahan seperti ekstrak dan suplemen agar penyerapan nutrisinya lebih baik.

4. Kacang

Kacang-kacangan mentah seperti almond, kenari dan kacang mete memiliki tingkat kolesterol HDL yang kaya akan lemak tak jenuh ganda. Cara terbaik untuk mengkonsumsinya adalah dengan dimakan mentah-mentah dibandingkan dengan dipanggang atau dimasak karena proses memasak dapat menghilangkan beberapa nutrisi yang terkandung didalamnya. Namun hindari kacang asin, karena kadar natrium tinggi yang terkandung dalam kacang tersebut dapat meningkatkan tekanan darah dalam tubuh.

5. Minyak nabati

Minyak nabati menjadi salah satu sumber kolesterol yang bisa dijadikan pilihan untuk kolesterol baik yang dikonsumsi per hari oleh tubuh. Jenisnya bisa berasal dari berbagai tumbuhan seperti bunga matahari, canola, dan tumbuhan lain. Selain minyak nabati, minyak zaitun juga direkomendasikan sebagai sumber natioksidan yang bisa membantu meningkatkan kadar HDL dalam darah.

Itulah sebagian jenis makanan yang menjadi Rekomendasi Sumber Kolesterol Baik yang bisa anda konsumsi setiap hari. Tetap imbangi asupan kolesterol dengan olahraga teratur dan aktivitas olah tubuh lainnya agar tubuh tetap terjaga kesehatannya.
Sponsored Links
Loading...
Tag : Kesehatan, Tips
loading...
Back To Top