Portal Media Kesehatan Terbaik

Loading...
Loading...

Tips Sehat Agar Sambal Pedas Mu Tahan Hingga 12 Bulan Lamanya ...!

Sponsored Links
.
.
Loading...
Cabe atau Lombok sangat digandrungi di Indonesia ini. Masak apa saja, pasti cabe selalu disertakan di dalamnya. Cabe memang memiliki keunggulan dalam menambah citarasa masakan. Rasanya pedas menggigit dapat membangkitkan selera makan. Selain itu Cabe tidak hanya digunakan dalam masakan, Cabe juga dimasukkan dalam daftar herbal yang memiliki khasiat penyembuhan yang tak diragukan lagi.

Cabe berkhasiat memacu metabolisme,melancarkan peredaran darah yang tersumbat sehingga baik untuk jantung, cabe juga dapat mengobati nyeri sendi, bahkan sebuah penelitian yang dilakukan di laboratorium di Inggris menyebutkan bahwa kandungan Capsaicin dalam cabe dapat menghilangkan sel kanker.

Cabe biasanya diawetkan dengan cara dikeringkan atau direndam dalam larutan cuka. Berikut kami bagi tips mengawetkan cabe dalam minyak yang konon cara ini dapat mengawetkan cabe hingga setahun.

Bahan :
  • 250 g (1/4 kg) cabe rawit
  • 25 gram ( kurang lebih 3 sdm) garam halus
  • Minyak goreng kualitas baik seperlunya
  • Toples yang sudah dibersihkan, kering dan steril.


Cara mengawetkan:

  1. Cuci bersih cabe, lalu tiriskan (jika perlu di keringkan dengan tisu dapur agar benar-benar kering)
  2. Buang tangkai cabe,lalu rajang/ cincang halus. Masukkan ke dalam toples, hingga memenuhi 3/4 toples.
  3. Tambahkan garam halus, lalu aduk sampai rata.
  4. Tuangkan minyak goreng hingga cabe terendam minyak.
  5. Tutup botol, tidak perlu terlalu rapat (agar gas yang terbentuk selama proses fermentasi dapat keluar) dan biarkan campuran ini selama 12 hari.
  6. Selama masa fermentasi kadang akan timbul jamur, tak perlu khawatir, karena ini tidak masalah. Ambil jamurnya dan buang.
  7. Setelah masa fermentasi selama 12 hari, barulah botol di tutup rapat. Cabe ini sudah dapat digunakan untuk keperluan memasak.

Nah demikianlah tips yang kali ini bisa bang neo sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk di share kepada keluarga dan teman teman Anda ya Terimakasih :)

Sponsored Links
Loading...
Tag : Kuliner, Tips
loading...
Back To Top