Portal Media Kesehatan Terbaik

Loading...
Loading...

PENTING !!!! 7 Gejala Kerusakan Hati Yang Sebaiknya TIdak Anda Abaikan !!!

Sponsored Links
.
.
Loading...
Hati adalah organ yang vital bagi tubuh manusia dan vertebrata hewan bertulang belakang. Fungsinya antara lain: menawarkan dan menetralisir racun, mengatur sirkulasi hormon, mengatur komposisi darah yang mengandung lemak, gula, protein, dan zat lain.Hati juga membuat empedu, zat yang membantu pencernaan lemak.


Hati memproduksi banyak kolesterol dalam tubuh, apakah sehat atau tidak sehat. Selain dari kemampuan produksi, hati juga bertindak sebagai filter. Ketika zat berbahaya diambil ke dalam tubuh, hati adalah organ yang bertanggung jawab untuk penyaringan. Misalnya, hati menyaring alkohol dari darah. Secara sederhana, fungsi utama hati adalah untuk menjaga keseimbangan dalam tubuh. Hati menetralkan racun yang berbahaya, menciptakan zat yang diperlukan dan membuang produk limbah.

Karena hati adalah organ yang memiliki berpotensi ratusan tugas untuk diselesaikan, dan karena berhubungan dengan bahan kimia yang kompleks dan kadang-kadang berbahaya, penyakit hati bisa menjadi umum. Yang paling umum dari penyakit ini adalah sirosis, yang merupakan jaringan parut dan pengerasan jaringan hati. Sirosis disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, tetapi juga oleh penyalahgunaan alkohol. Sirosis menyebabkan ketidakmampuan hati untuk berfungsi dengan baik. Dalam kasus ini, hati akhirnya akan menjadi tidak dapat menghasilkan protein yang dibutuhkan tubuh, dan itu tidak akan mampu menyaring racun. Hepatitis, penyakit lain yang umum hati, adalah peradangan hati yang disebabkan oleh salah satu infeksi virus atau penyalahgunaan alkohol. Obat juga dapat menyebabkan masalah hati utama, karena overdosis obat akan membanjiri hati dan tidak akan dapat sepenuhnya menyaring racun. Banyak dari penyakit dan kondisi akhirnya akan menyebabkan kegagalan hati, satu-satunya obat dikenal yang merupakan transplantasi hati.

Namun banyak dari masyarakat kita, yang jarang tau tentang gejala-gejala yang menjadi pertanda penyakit hati, dengan adanya artikel ini semoga bisa memberikan peringatan bagi anda untuk tidak menyepelekan atau tidak tanggap dengan pertanda-pertanda penyakit hati di bawah ini, ingat mencegah lebih baik dari mengobati, oleh karena itu kita harus tahu tentang hal ini. Mari kita simak bersama.

  • MASALAH PERUT DAN MASALAH PENCERNAAN
    Muntah, mual, mabuk tak terduga dan sakit perut bisa menjadi pertanda awal kerusakan hati terutama jika Anda juga mengalami migrain, vertigo, dan depresi disaat yang bersamaan. Hal ini di karenakan Hati anda tidak mampu secara efisien menghilangkan racun dalam tuhun. Selain itu hati yang rusak tidak akan mampu menghasilkan empedu, yang akan berdampak pada kesehatan Anda, seperti terjadinya diare, kembung di perut dan sindrom iritasi usus besar.
    Hingga ahirnya anda akan mersakan diare dan sembelit, dan paling parah bisa terjadi pendarahan pada usus.

  • WARNA URIN BERWARNA COKLAT
    Disaat air kencing dan tinja mulai berubah warna menjadi cokelat gelap, maka itu harus anda waspadai. Jika hal ini terjadi sekali dua kali, maka bisa dikategorikan wajar atau karena anda kekurangan cairan (dehidrasi). Akan tetapi, apabila kondisi ini terjadi secara sering, maka itu menunjukan bahwa hati anda mengalami kerusakan.



  • RASA PAHIT DI MULUT

    Hati menghasilkan enzim yang disebut empedu yang pahit secukupnya. Jadi jika anda memiliki rasa pahit di mulut berlebihan, berarti empedu anda sedang mengalami masalah dan itu merupakan tanda atau gejala kerusakan organ hati.

  • PERUT MEMBESAR

    Kondisi perut yang membuncit bisa menjadi tanda adanya gangguan organ hati. Perut membesar yang bukan disebabkan terlalu banyak makan kemungkinan besar disebabkan adanya infeksi dan kerusakan hati.

  • PUTIH MATA BERWARNA KUNING

    Ketika mata putih bersih anda berubah warna menjadi kuning, maka tidak salah lagi anda menderita penyakit kuning. Itu berarti, jika anda menderita penyakit kuning, maka hati anda sedang terkena
     infeksi dan memerlukan perawatan.

  • KERUSAKAN KULIT

    Perubahan warna kulit terjadi jika Anda memiliki hati yang rusak. Kadang-kadang kulit Anda akan kehilangan pigmentasi dan Anda memiliki bercak putih yang disebut bercak liver.


  • BAU MULUT

    Jika hati Anda tidak berfungsi dengan benar, mulut Anda akan bau seperti ikan basi atau bawang yang buruk. Hal ini disebabkan karena kelebihan amonia diproduksi dalam tubuh.

Jika Anda mengalami minimal dua gejala diatas disarankan untuk segera memeriksakannya ke dokter, hal ini sangat penting untuk mencegah kerusakan pada organ vital dalam tubuh.


Sponsored Links
Loading...
Tag : Kesehatan, Tips
loading...
Back To Top