Portal Media Kesehatan Terbaik

Loading...
Loading...

Cara Alami Mengobati Radang Tenggorokan Paling Ampuh

Sponsored Links
.
.
Loading...

Cara Alami Mengobati Radang Tenggorokan Paling Ampuh - Radang tenggorokan adalah hasil dari peradangan yang terjadi di faring, yang meyerupai tabung yang memanjang dari bagian belakang mulut ke kerongkongan.


Beberapa penyebab utama dari kondisi ini adalah infeksi virus, bakteri atau jamur, iritasi seperti polusi, merokok, asam refluks, atau udara kering, berteriak berlebihan, atau semacam reaksi alergi. Radang tenggorokan sering disertai dengan sakit kepala, sakit perut, dan pembengkakan kelenjar di leher.



Radang tenggorokan, sementara yang sangat umum, bisa menyakitkan dan tidak nyaman. Daripada Anda mengeluarkan banyak biaya untuk pergi ke dokter, Anda dapat mencoba beberapa cara mudah, solusi alami yang akan membantu mengurangi rasa sakit dan menyembuhkan masalah radang tenggorokan.


1. Lemon

Anda dapat menggunakan lemon segar untuk dapat terbebas dari radang tenggorokan karena mereka membantu mengeluarkan lendir.


  • Coba lemon hangat dicampur dengan madu. Campur jus dari setengah lemon dan satu sendok teh madu dalam satu cangkir air hangat. Minumlah perlahan-lahan.
  • Pilihan lain adalah dengan berkumur dengan jus lemon yang dicampur dengan madu tersebut.
  • Anda juga dapat mengambil setengah lemon dan taburi garam dan merica di atasnya. Perlahan-lahan jilati lemon tersebut.

2. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel membantu untuk mengobati sakit tenggorokan karena mempunyai sifat antibakteri.


  • Tambahkan satu sendok makan cuka sari apel dan satu sendok teh jus lemon dan madu untuk secangkir air hangat dan meminumnya dengan perlahan. Lakukan ini dua atau tiga kali sehari. Segera Anda akan terbebas dari rasa sakit dan peradangan.
  • Anda juga dapat membuat larutan kumur dengan cuka sari apel. Campurkan satu sendok teh garam dan satu sendok makan cuka sari apel dalam satu cangkir air hangat. Berkumurlah dengan itu beberapa kali sehari.

3. Kayu Manis

Kayu manis dapat digunakan untuk mengobati radang tenggorokan yang disebabkan oleh flu biasa.


  • Tambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis dan bubuk lada hitam pada segelas air hangat. Anda juga dapat menambahkan kapulaga. Saring larutan tersebut dan berkumurlah dengan itu dua sampai tiga kali sehari.
  • Pilihan lain adalah dengan mencampur beberapa tetes minyak kayu manis dan satu sendok teh madu murni. Makan ini dua kali sehari untuk mendapatkan bantuan dari rasa sakit dan peradangan yang terkait dengan radang tenggorokan.

4. Air Garam

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan bantuan dari radang tenggorokan adalah berkumur dengan air garam. Garam bekerja seperti antiseptik dan membantu menarik air keluar dari membran mukosa tenggorokan. Ini memotong dahak dan mengurangi peradangan, memberikan Anda bantuan instan.


  • Campurkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat. Jika Anda tidak suka rasa asin, tambahkan sedikit madu.
  • Berkumurlah dengan larutan tersebut. Jangan menelannya. Keluarkan air tersebut setelah berkumur.
  • Lakukan ini setidaknya empat kali sehari untuk hasil terbaik.

5. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antiseptik bersama dengan sifat obat lain yang dapat membantu mengobati atau mencegah radang tenggorokan.


  • Makan satu siung bawang putih mentah setiap hari untuk melepaskan kimia yang dikenal sebagai allicin yang membantu membunuh bakteri dapat menyebabkan sakit pada tenggorokan.
  • Atau, Anda bisa menggunakan minyak bawang putih. Tambahkan beberapa tetes minyak bawang putih pada secangkir air dan berkumur dengan itu sekali sehari.
  • Juga mencoba untuk makan bawang putih dalam bentuk mentah dan dimasak. Jika Anda tidak menyukai rasanya, Anda dapat mencoba pil bawang putih.
Hasil gambar untuk Cara Alami Mengobati Radang Tenggorokan Paling Ampuh 6. Madu

Madu memiliki sifat antibakteri, yang dapat melawan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan. Hal ini juga bekerja seperti osmotik hipertonik, yang berarti bahwa itu membantu menarik air dari jaringan yang meradang dan dengan demikian mengurangi pembengkakan.


  • Tambahkan 1-2 sendok makan madu dengan satu cangkir air panas dan minum beberapa kali sehari. Anda juga dapat menambahkan madu pada secangkir teh favorit Anda.
  • Sebelum tidur, makan satu sendok teh madu karena akan memberikan Anda bantuan menenangkan dan membantu Anda tidur.

7. Kunyit

Bahan lain yang memiliki manfaat besar untuk sakit tenggorokan adalah kunyit, yang memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang kuat.


  • Campurkan satu sendok teh seperempat dari bubuk kunyit ke dalam segelas air hangat. Minum perlahan-lahan di pagi hari pada waktu perut kosong. Lakukan ini sekali sehari selama tiga atau empat hari.
  • Atau, Anda dapat menambahkan satu sendok teh bubuk kunyit dan satu sendok teh lada hitam pada segelas susu hangat dan minum sebelum tidur.
  • Anda juga bisa berkumur dengan kunyit untuk menenangkan tenggorokan yang buruk. Tambahkan satu setengah sendok teh bubuk kunyit dan satu setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan aduk dengan baik. Berkumurlah dengan campuran ini dua kali sehari.
Sponsored Links
Loading...
Tag : Kesehatan, Tips
loading...
Back To Top