Portal Media Kesehatan Terbaik

Loading...
Loading...

Berapa Banyak Pasta Gigi yang Harus Anda Gunakan Untuk Membunuh Bakteri Dalam Mulut dan Menyingkirkan Bau Nafas?

Sponsored Links
.
.
Loading...
Anda mungkinpernah meminta saran pasta gigi terbaik kepad dokter gigi Anda, nah coba tebak ? Dokter gigi biasanya tidak mempersalahkan jenis pasta gigi yang kita gunakan, karena pasta gigi kosmetik tidak pernah ada yang bisa meningkatkan kesehatan gigi pasien mereka.

Pasta gigi yang dirancang untuk membawa rasa peppermint, atau rasa menarik lain yang dapat menjual tabung semakin. Sebenarnya, kami menggunakan pasta gigi karena rasanya baik.



Pasta gigi yang dirancang untuk dengan rasa peppermint, atau rasa menarik lainnya, sebenarnya kita menggunkan pasta gigi karena rasanya yang menyegarkan.

Jadi, apa apakah bahan pasta gigi?

Beberapa percaya bahwa bahan-bahan yang terkandung dalam pasta gigi adalah penting. Pada akhirnya, ada alasan bagus mengapa di tiap paket pasta gigi selalu ada peringatan: "Jangan ditelan".


Aspartam

Bertahun-tahun lamanya, aspartam telah digunakan sebagai pemanis buatan. Bahan ini juga yang digunakan dalam pasta gigi. Aspartam berada dalam daftar zat aditif yang perlu dihindari, disusun oleh Pusat Ilmu Pengetahuan untuk Kepentingan Umum, Amerika Serikat.

Diethanolamine (DEA)

DEA adalah bahan kimia dalam pasta gigi yang membuat busa. Bahan ini juga merupakan hormon pengganggu, dan menciptakan nitrat karsinogenik. Menurut Samuel Epstein, profesor kesehatan lingkungan dari Universitas Illinois, paparan berulang kulit pada DEA meningkatkan risiko kanker ginjal dan hati,

FD & C Pewarna Biru Nomor 2

Menurut Center for Science in the Public Interest, FD & C pewarna biru nomor 2 berkontribusi menimbulkan banyak masalah kesehatan, termasuk reaksi alergi ekstrem, juga masalah perilaku pembelajaran. Pewarna tersebut ditemukan dalam berbagai jenis pasta gigi. 

Polyethylene

Bahan polyethylene juga ditemukan dalam pasta gigi. Ini merupakan plastik serupa yang juga dipakai untuk produk rompi antipeluru, operasi penggantian lutut, kontainer sampah, dan kantong belanja. Bahan tersebut tidak terurai secara hayati. Butiran mikro, terbuat dari polyethylene, jadi penyebab penyakit periodontal dan radang gusi.

Propylene glycol

Propylene glycol tidak hanya zat yang berfungsi sebagai surfaktan dan pembasah dalam pasta gigi. Bahan ini juga berada dalam antibeku. Menurut Material Safety Data Sheets, bahan ini diserap cepat oleh kulit.

Penyakit otak, ginjal, dan hati ada kemungkinan disebabkan oleh kontak panjang terhadap Propylene glycol.  Bahan ini ada dalam banyak produk perawatan kesehatan. Seorang karyawan diwajibkan memakai sarung tangan karet setiap menangani bahan kimia tersebut.

Sakarin

Ini merupakan pemanis buatan terkenal, ditemukan pada banyak pasta gigi. Center for Science in the Public Interest melaporkan, sakarin ada dalam daftar aditif yang harus dijauhi masyarakat di Amerika.

Sodium flouride

Sodium flouride adalah produk sampingan digunakan sebagai bahan pembuatan aluminium. Bahan ini pun dipakai dalam industri pestisida dan racun tikus. Mengonsumsi 1/10 ons flouride mampu membunuh orang dewasa dengan berat 100 pon, menurut Akron Regional Poison Center.

Sementara, jumlah kecilnya menyebabkan diare, mual, dan muntah. Meski begitu, sodium flouride digunakan di dalam setiap merek pasta gigi terkemuka.

Sodium Lauryl Sulfate

Sodium lauryl sulfate digunakan sebagai bahan pembersih dan deterjen. Menurut, American College of Toxicology, paparan terhadap bahan ini bisa mengakibatkan sariawan, korosi kulit, dan iritasi.

Penelitian juga menyebut bahan ini jadi penyebab diare, depresi, dan kematian tikus laboratorium.  Bahan ini memiliki efek buruk pada pernapasan, mata, dan kulit. Bahan ini dapat berada di dalam tubuh selama lima hari, dan menyebar ke otak, jantung, hati, dan paru-paru.

Triclocarban (TCC)

Bahan ini dianggap sebagai pengganggu endoktrin. Efek buruknya menyerang sistim saraf dan hormon seks. Mereka juga berkontribusi terhadap terjadinya autisme. TCC berefek negatif pada fungsi tiroid. Pertumbuhan sel-sel kanker juga didorong oleh TCC. Bahan ini juga mengakibatkan perkembangan janin rusak.

Triclosan (TCS)

Triclosan merupakan bahan antimikroba yang dipakai dalam produk antibakteri. Ditemukan dalam banyak pasta gigi, zat ini juga tercatat sebagai pestisida. Environmental Protection Agency menyebut triclosan sebagan pestisida, yang berbahaya tak hanya bagi manusia tapi juga lingkungan. 


Triclosan memengaruhi tingkat estrogen dan tiroid. EPA meminta melakukan penelitian lebih lanjut tentang bahan tersebut. Menurut National Academy of Sciences, triclosan telah menyebabkan kanker dan fibrosis hati pada tikus laboratorium. 

Mengapa pasta gigi dapat buruk bagi Anda?

  • Pasta Gigi merupakan kebutuhan pokok yang setiap hari digunakan dalam rumah tangga,
  • Kandungan Fluoride pasta gigi berfungsi untuk melemahkan dan  membunuh bakteri penyebab Gigi Berlubang,
  • Bahaya Penggunaan Pasta Gigi secara berlebihan adalah sariawan, alergi dan gangguan kesehatan organ dalam tubuh.

Berikut adalah beberapa kesalahan yang Anda lakukan dengan pasta gigi Anda:

  • Anda menggunakannya terlalu banyak

Jangan percaya dengan iklan pasta gigi yang mengharuskan Anda untuk mengunakan takaran yang banyak, karena sebenarnya mereka ingin membuat Anda boros dengan pasta gigi yang mereka jual, sehingga Anda terus membeli produk mereka. Dan takaran yang benar adalah Anda cukup meletakan pasta gigi se ukuran biji kacang, dengan ukuran ini pun mulut tetap akan terasa segar.

  • Menyikat gigi dengan waktu yang singkat
Anda perlu menyikat gigi minimal dalam durasi dua menit, untuk mendapatkan hasil dan kebersihan gigi yang maksimal.


  • Tidak menyikat secara menyeluruh
Lakukanlah sikat gigi secara menyeluruh agar mendapatkan hasil yang maksimal bagi kesehatan mulut dan gigi Anda, jangan terlalu terburu-buru sehingga banyak bagian dari gigi yang belum tergosok dan masih banyak bakteri dan sisa makanan yang terselip pada ronga gigi.


Gunakanlah pasta gigi apa pun yang Anda inginkan. Pilih satu yang rasanya enak dan memberi Anda perasaan kebersihan.

Anda juga dapat menggunakan baking soda, atau minyak kelapa. Anda hanya perlu teknik yang baik dan sering menyikat gigi.
Sponsored Links
Loading...
Tag : Kesehatan, Tips
loading...
Back To Top