Portal Media Kesehatan Terbaik

Loading...
Loading...

BENARKAH Duduk Terlalu Lama Bisa Percepat Kematian?? Berikut Faktanya…Dishare Yaaa…

Sponsored Links
.
.
Loading...
Bahaya duduk terlalu lama - Duduk mėrupakan aktivitas favorit anda yang bėrpotėnsi mėnyėbabkan kėmatian. Parahnya kėgiatan ini hampir dilakukan olėh sėbagian warga di pėrkotaan. Mėrėka mėnghabiskan waktu dėngan duduk sėlama rata-rata hampir sėmbilan jam sėhari untuk mėnyėlėsaikan pėkėrjaan. Kėmajuan tėknologi dan ahli ėrgonomis tėlah mėmbuat duduk lėbih mėnarik dan nyaman.
Bahaya duduk terlalu lama
Bahaya duduk terlalu lama


Menurut hasill peneliti asal Kanada Dr Peter Katzmarzyk menunjukan bahwa mereka yang duduk sepanjang waktu berisiko tiga kali lebih tinggi mengalami kematian dini dibanding mereka yang berdiri sepanjang waktu. Hal ini diperkuat dengan  penelitian Badan Kesehatan Dunia, WHO yang mengungkapkan bahwa malas bergerak menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Kematian dini akibat duduk lama ini disebabkan oleh berbagai penyakit yang menyerang ketika manusia kurang melakukan aktivitas fisik yang menguras keringat. Seperti kerusakan metabolisme tubuh, kenaikan berat badan yang bisa memicu berbagai penyakit, peningkatan kolesterol jahat, dan penyakit lain sepert kanker nyeri punggung, otot kaku, keseimbangan buruk, dan bahkan lumpuh. Hingga akhirnya dalam usia yang masih muda, mereka yang suka berlama-lama duduk ini mempercepat kematiannya.

Pada saat duduk, aktivitas otot kita akan berkurang secara drastis. Selain itu tingkat pembakaran kalori di dalam tubuh menjadi berkurang yakni satu kalori per menit. Ketika aktivitas ini berlangsung selama lima hari, maka akan muncul klesterol jahat dan resistensi insulin menjadi meningkat. Hal ini menyebabkan metabolisme tubuh  menjadi berantakan. Otot tidak lagi efektif dalam menyerap lemak dan gula darah pun meningkat.

Saat aktivitas ini berlangsung selama dua minggu, tubuh akan mengalami atrofi otot atau penyusutan dan penurunan konsumsi oksigen. Akhirnya, tubuh pun dengan mudahnya mengalami penambahan berat badan. Lebih buruk lagi, itu akan tetap terjadi meski Anda berolahraga setiap hari.

Lihatlah perubahan anda selama satu tahun, Anda mungkin akan melihat peningkatan kolesterol jahat dan berat badan. Duduk lebih dari enam jam sehari, wanita bisa kehilangan massa otot sebanyak satu persen dalam setahun. Dengan berbagai penyakit yang disebabkan dengan rutin duduk lama sepanjang hari, maka inilah yang mempercepat kematian.

Pilihan terbaik untuk mengurangi risiko akibat duduk lama adalah bergantian duduk dan berdiri serta bergeraklah lebih banyak. Kegiatan duduk, lalu berdiri secara bergantian dapat meningkatkan kontraksi otot, merangsang aliran darah, dan menghasilkan lebih banyak bakaran kalori dan kadar gula darah yang sehat.

Sebuah penelitian juga menunjukan bahwa aktivitas seperti mengetik, membaca, dan aktivitas kognitif lainnya tidak akan terganggu ketika dilakukan sambil berdiri. Sehingga membantu anda untuk bisa melakukan aktivitas sambil berdiri dan tidak harus berlama-lama duduk.


Sumber: http://www.ukhtiindonesia.com/duduk-terlalu-lama-bisa-percepat-kematian/
Sponsored Links
Loading...
Tag : Kesehatan, Tips
loading...
Back To Top