Portal Media Kesehatan Terbaik

Loading...
Loading...

Ajaib!! Tips Bagaimana Cara Membuat Sabun Cair Dengan Menggunakan Sabun Batangan di Rumah !

Sponsored Links
.
.
Loading...
Kamu lebih nyaman pakai sabun cair apa sabun batangan saat mandi? tiap orang tentu berbeda ya ada yang lebih nyaman menggunakan sabun cair ada juga yang sebaliknya. Misalkan di rumahmu ada banyak sabun batangan yang tidak terpakai daripada lama disimpan gimana kalau diubah saja menjadi sabun cair? Berikut ini Triknya Dengan melakukan hal yang sederhana dan mudah kita dapat merubah sabun batang menjadi sabun cair. 

Degan melakukan hal ini tentu saja kita mendapatkan 2 keuntungan yaitu gabungan dari kemudahan sabun batang dan sabun cair. Dengan membeli sabun batang kita lebih mudah dalam penyimpanan dan mudah dibawa karena bentuknya yang padat, hemat tempat dan tidak perlu takut tumpah. 
Di sisi lain sabun cair lebih mudah digunakan dan tentu saja dapat menjaga higiene dari sabun itu sendiri.


Langkah 1 : Bahan-bahan yang diperlukan

  • Sabun
  • Parutan
  • Timbangan
  • Air
  • Tempat sabun cair bekas maupun baru 

Langkah 2 : Timbang
Sebelum menimbang kita harus mengalibrasi terlebih dahulu timbangan yang akan kita pakai baik itu timbangan digital maupun manual. Setelah itu kita timbang berat sabun batang yang akan kita ubah menjadi sabun cair. 
Setelah itu kita letakkan gelas atau wadah air diatas timbangan dan kita kalibrasi lagi sehingga berat wadah air menjadi "0". Kemudian masukkan air sebanyak 2X berat sabun yang digunakan. Lakukan 2 kali karena kita memerlukan 2 gelas air.

Langkah 3 : Campurkan

Setelah itu kita parut sabun atau bisa juga kita potong kecil-kecil menggunakan pisau. Setelah itu masukkan hasil parutan sabun tadi ke dalam panci atau gelas tahan panas. Kemudian tambahkan air yang sudah ditimbang tadi.

Langkah 4 : Rebus Letakkan campuran air dan sabun tadi diatas kompor dan rebus antara 10-15 menit.

Dalam proses ini hal penting yang harus digarisbawahi adalah campuran tersebut harus direbus dengan api yang kecil untuk menghindari busanya yang meluber. Selain itu aduk secara berkala aga sabunn dan air tidak terpisah saat sudah dingin.

Langkah 5 : Dinginkan dan Masukkan ke dalam Wadah 

Dinginkan terlebh dahulu hasil rebusan tadi sekitar setengah jam sambil diaduk sekitar 5 menit sekali untuk mencegah terbentuknya gumpalan. Setelah setengah jam, masukkan sabun cair tersebut ke dalam wadah dan siap untuk digunakan.

Langkah 6 : Gunakan 

Cukup mudah bukan..
Memang sedikit memakan waktu, tetapi kita tidak harus melakukannya setiap hari kan :)

Sumber : GimanaBisa
Sponsored Links
Loading...
Tag : Tips
loading...
Back To Top