Portal Media Kesehatan Terbaik

Loading...
Loading...

6 Manfaat Pengobatan Yang Bisa di Sembuhkan Dengan Menggunakan Tanaman Jali.

Sponsored Links
.
.
Loading...
Coix lachryma - Jobi L  yang mempunyai nama yang berbeda di setiap daerah seperti jali-jali, jali watu, japen ( Jawa ), anjali, singkoro batu ( Sumatera ), jelei ( Kalimantan ).

Tanaman yang mulai sulit untuk di temukan ini ternyata memiliki begitu banyak manfaat untuk dunia obat herbal, dari mulai akar hingga bijinya. selain untuk obat biasanya tanaman ini di jadikan untuk bahan kerajinan seperti kalung bahkan anak-anak tahun 90an menggukannya untuk mainan.

Tanaman ini dapat di deskripsikan sebagai rumput setahun atau menahun, berumpun banyak, batang tegak dan besar, tinggi bisa mencapai 1-2 m, akar kasar, sukar dicabut. Daun letak berseling, helaian duduk daun berbentuk pita, panjang 8-1000 cm, lebar 1,5-5 cm, ujung runcing, pangkal memeluk batang, tepi rata, perabaan kasar dan kasap, tulang induk menonjol di punggung daun. Bunga keluar dari ketiak daun dan ujung percabangan, berbentuk bulir. Buah batau, bulat lonjong, jika tua berwarna putih atau biri ungu, berkulit keras. Jenisi buah yang dibudidayakan lunak dan dapat dibuat bubur, sedangkan jenis liar keras dan dapat dipakai sebagai bahan kalung.

Kandungan kimiawi:
  • Biji: protein, lemak, karbohidrat, vitsmin B1, asam amino, coixol, coixenolide, coicin.
  • Daun: alkaloid.
  • Akar: coixol, asampalmitate, glikosa, asam amino, tajin dan vitamin b1.


Bagian yang digunakan: Biji, akar.

Efek Farmakologis

Manis, tawar dan sedikit dingin, masuk meridian limpa. Menguatkan limpa, peluruh kencing, antiradang, mematikan serangga, anti-toxic.

Biji : Manis tawar, sedikit dingin, masuk meridian limpa, paru dan ginjal. Memperkuat limpa dan paru. Meningkatkan daya tahan tubuh, sbersifat sitostatika, menghilangkan lembab, peluruh kencing, anti radang, membantu penyerapan, mengeluarkan nanah, anti toxic dan menyembuhkan bisul. Mengganggu sel kanker pada tahap metastase. Meningkatkan fungsi cortex adrenal. Meningkatkan imunitas seluler dan fungsi humoral.

Khasiat dan cara pemakaian: 

  1. Inveksi dan batu disaluran kencing, kencing sedikit, kencing bernanah; akar kering 15-30 gram direbus, 4 gelas air sampai menjadi gelas, diinginkan, minum 2 kali 1 gelas.
  2. Bengkak, biri-biri, tidak datang haid, keputihan; akar kering 15-30 gram direbus,  4 gelas air sampai menjadi 2 gelas diinginkan, minum 2 kali 1 gelas.
  3. Sakit kuning, cacingan,; akar kering 15-30 gram direbus, 4 gelas air sampai menjadi 2 gelas, diinginkan, minum 2 kali 1 gelas.
  4. Absesperu: biji 50-60 gr, rebus 6 gleas air menadi 2 gelas, diinginkan saring, minum 2 kali 1 gelas.
  5. Radang usus: akar kering direbus, 4 gelas air sampai menjadi 2 gelas. Minum 2 kali sehari.
  6. Keputihan: akar kering direbus, 4 gelas air sampai menjadi 2 gelas, minum 2 kali sehari.


Catatan: wanita hamil dilarang pakai.
Sponsored Links
Loading...
Tag : Herbal, Kesehatan, Tips
loading...
Back To Top